bUS00HWDZt79zfQ1wwxxb0EHX4Qi1Vsw4iZheUJe

Film-Film Animasi yang Merusak Akidah Umat Islam

Film anima yang berbahaya bagi anak


Film animasi merupakan film yang dibuat dengan menciptakan atau menggambar yang kemudian dibuat menjadi bergerak dengan cooding ataupun dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini. Kemajuan dunia film animasi di zaman sekarang inipun tak diragukan lagi, dapat kita lihat dari banyaknya film-film anmasi yang hadir baik itu dari jepang, amerika, china maupun Indoseia itu sendiri. 
Film animasi hadir untuk menghibur dunia seni ataupun pecintanya, namun ada disisi sebagai umat muslim kita harus teliti dan lebih cermat lagi apa efek dari menonton film-film animasi tersebut, terutama untuk anak-anak kita.

Faktanya banyak sekali film-fiilm animasi yang hadir dan menjadi tontonan kita tapi memiliki efek yang tidak baik untuk anak-anak kita dan secara tanpa sadar kita telah mendidik anak kita mengikuti karaktaer-karakter animasi tersebut. Efek yang lebih  berbahaya lagi dari film animasi adalah merusak akidah keislaman kita.

Banyak sekali film animasi yang dapat merusak akidah. berikut mimin kasih beberapa contoh film animasi yang dapat merusak akidah:

1. Micky Mouse
Tikus adalah binatang yang kotor serta membawa tanda buruk dan boleh untuk dibunuh, tapi pada film micky mouse tikus digambarkan sebagai hewan yang cerdasa dan bersih serta membawa dampak baik. hal ini bertujuan agar anak-anak kaum muslim yang menonton film ini akan terdoktrin dengan pandangan seperti ini.

hal ini akan berakibat pada sulitnya nanti anak-anak muslim mempelajari akidah islamiyah, lihatlah faktanya berapa banyak orang tua muslim yang membelikan anak-anaknya boneka micky mouse, memasang poster micky mouse dikamar anak anaknya serta membuatkan gambar-gambar lainnya.

simaklah hadist dibawah ini:
Dari 'Aisyah, Nabi Muhammad bersabda:

"ada lima jenis hewan fasiq (berbahaya) yang boleh dibunuh ketika sedang ihram, kalajengking, burung gagak, burung rajawali, dan kalb aqur (anjing galak)." (HR. Bukhari no 2214 dan Muslim no 1198).

Imam Nawawi rahimahullah menjelaskan, 'makna dari fasik dalam bahasa arab adalah al khuruj (keluar). Seseorang disebut fasik apabila ia keluar dari perintah dan ketaatan kepada Allah Ta'ala. Lantas hewan-hewan ini disebut fasik karena keluarnya mereka hanya untuk mengganggu dan membuat kerusakan di jalan yang biasa dilalui hewan-hewan tunggangan. adapula ulama yang menerangkan hewan-hewan ini disebut fasik karena mereka keluar dari hewan-hewan yang diharamkan untuk dibunuh di tanah haram ketika ihram." (Syarh Shahih Muslim, 8:101)

2. Tom and Jerry
Secara logika manusia tidaklah mungkin tikus mengalahkan kucing, jangankan mengalahkan melawan saja tidak bisa dan tikus malah menjadi mangsa kucing secara alamiah. Tapi pada film serial kartun yaitu Tom and Jerry, tikus digambarkan bisa mengalahkan kucing. Hal ini bertujuan untuk merusak pola pikir anak-anak muslim

Kebanyakan dari kita mungkin menganggap film Tom and Jerry sebagai animasi yang menghibur dan lucu. Tapi pada faktanya dalam film Tom and Jerry yang ditonton anak-anak kita bukan hanya berisi lelucon tapi juga bentuk-bentuk kekerasan banyak ditampilkan pada film itu. Hal ini bertujuan untuk mendoktrin anak-anak kita bahwa memukul orang tidaklah apa-apa, kemudian sulit untuk mati bahkan dari ketinggian sekalipun.

Hal-hal ini tanpa sadar akan merusak physicologi anak-anak kita dan mengubah persepsi dan cara pandang mereka terhadap kehidupan dan perlahan akidahnya berubah dan akan sulit untuk menerima pelajaran akidah yang sesungguhnya karena sudah tercemar oleh kartun atau film-film seperti itu.

3. Spiderman
Spiderman merupakan salah satu fil aksi terbaik yang banyak diminati oleh masyarakat baik dari anak-anak bahkan sampai ke orang tua sekalipun. Namun dibalik suksenya film spiderman ada fakta tersembunyi yang disembunyikan oleh amerika, yaitu pada saat rilis pertama kali di Amerika banyak kasus kematian anak-anak yang meningkat dan ternyata hal ini akibat anak-anak menirukan aksi pahlawan spiderman yang mereka tonton dimana adegan spiderman bisa melompat dari gedung ke gedung dengan menggunakan jaring laba-laba yang ia dapatkan setelah disengat oelh laba-laba.

Fakta ini disembunyikan agat film spiderman tetap laku saat dijual ke pasar perfilman. Jika kita sebagai orang dewasa tentu bisa berpikir secara logis, bahwa tidak mungkin untuk manusia melakukan tindakan seperti itu. Tapi bagi anak-anak mereka belum bisa membedakan informasi sehingga setiap informasi yang diserap baik berupa informasi baik ataupun buruk mereka tetap akan melaksanakannya dan mencobanya.

Diatas merupakan sedikit contoh dari film-film yang berbahaya bagi anak, masih banyak film-film aksi atau animasi yang dapat merusak kesehatan mental anak-anak kita diantara Spongebob, Dora dan lainnya. Oleh karena itu kita sebagai orang tua hendaknya memilihkan informasi yang baik-biak untuk anak kita. 
jagalah anak-anak kita karena mereka merupakan aset yang sangat berharga.

Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat dan jangan lupa buat si share dan komen ya sekian terima kasih


Raghib Sumahdi
petualang ilmu akhirat
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar

Follow