bUS00HWDZt79zfQ1wwxxb0EHX4Qi1Vsw4iZheUJe

Jarang Diketahui ini Dia 4 Azab Pelaku Riba Saat Di Dunia

say no to riba


Sebelumnya kita telah membahasa apa itu riba, macam-macam riba, dan hukuman bagi pelakunya. Bahasan kali ini masih berkaitan dengan riba tapi lebih dalam dan mungkin bahasan kali ini banyak orang yang belum mengetahui atau tak tahu sama sekali. Pada bahasan kali ini kita akan membahas 4 balasan atau azab bagi pelaku riba yang Allah turunkan langsung saat di dunia. Tapi bagi kalian yang belum mengerti apa itu riba dan macam-macammnya silakan baca pengertian riba dan macam-macamnya.

Mungkin banyak dari kita berpikir riba mengerikan dan azabnya akan sangat mengerikan saat di akhirat kelak. Tapi kita gak sadar kalau dosa perbuatan riba bukan hanya dapat balasan di akhirat tetapi juga di dunia, yang artinya azabnya double sudah kena di dunia di akhirat masih dapat jatah juga hehe.

Oke biar gak penasaran langsung aja inilah 4 Azab pelaku riba yang Allah turunkan di dunia

1. Laknat bagi pelakunya 

"Dari Jabur r.a dia berkata, Rasulullah Shallallahu'alahi wa sallam melaknat pemakan riba, pemberi makan riba, penulisnya, dan dua saksinya", dan beliau bersabda,"mereka itu sama". (HR. Muslim No.4177)

kalau kita bayangin nih, ketika kita dilaknat oleh orang tua, ataupun sahabat atau bahkan manusia lain di dunia ini, itu rasanya udah sangat tidak nyaman, tidak mengenakkan, bahkan bisa jadi kita resah akan keadaan itu. 

Nah kalau gitu coba bayangin aja bagaimana ketika kita  dilaknat oelah Allah dan Rasul-Nya, apakah kita masih nyaman untuk tidur? beraktivitas? atau kegiatan lainnya. Ya mungkin aja nyaman kalau gak tau atau udah kemakan sama bujuk rayu syaitan. Tapi beda halnya jika kita sadar dan tahu bahaya riba tapi masih melakukannya, tentunya kita akan merasakan ketidaknyamanan yang hebat. Jadi kalau udah tau sekarang coba pikir-pikir lagi ya sebelum berbuat hehe.

2. Bagaikan mengajak perang Allah Azza Wa  Jalla 

"Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dan tinggalkanlah sisa riba (yang belum dipungut) jika kamu orang-orang yang beriman. Maka jika kamu tidak mengerjakan (meninggalkan sisa riba) maka ketahuilah bahwa Allah dan Rasulnya akan memerangimu. Dan jika kamu, bertaubat (dari pengambilan riba) maka bagimulah pokok hartamu, kamu tidak menganiaya dan tidak pula dianiaya. QS Al-Baqarah : 278-279

Kalau kita punya musuh manusia dan musuh itu mengajak berperang dengan kita bayangkan betapa repot dan mengerikannya medan perang dengan nuklir, roket, bom, tank dan lainnya. Jika perang melawan manusia saja sudah semengerikan itu dengan ledakan bomnya, bagaimana rasanya jika kita berperang dengan Allah dan Rasul-Nya

Jadi seandainya kita ingin melakukan riba coba saja bayangkan bahwa kita akan memulai sesuatu peperangan yang pasti kita akan kalah yaitu peperangan melawan Allah Azza wa Jalla. Hal itu jika kita bayangkan akan berdampak pada physicologis kita sehingga akan enggan dan takut untuk melakukan perbuatan riba.

3. Tidak berkahnya rezeki

Dari Ibnu Abbas r.a, Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda :
"Apabila teralah marak perzinahan dan praktek ribawi di suatu negeri, maka sungguh penduduk negeri tersebut telah menghalalkan diri mereka untuk di azab Allah". HR. Al-Hakim

Ketika kita melakukan riba, maka otomatis rezeki yang kita dapatkan menjadi tidak berkah. Hal ini karena sesungguhnya kita memakan sesuatu yang bathil, sehingga walaupun harta yang dimiliki nampak banyak tapi hanya akan habis begitu saja tanpa tau untuk apa dan apa manfaatnya.

4. Doanya Sulit Terkabul

Dari Abu Hurairah r.a, Nabi Muhammad bersabda:
"Ada seorang laki-laki yang telah menempuh perjalan jauh, sehingga rambutnya kusut, masai, dan berdebu. Orang itu mengangkat tangannya ke langit seraya berdoa, Wahai Rabbku. "Padahal, makanannya dari barang yang haram, minumannya dari yang haram, dan diberi makanan dari yang haram, maka bagaimanakah Allah akan memperkenankan doanya". HR. Muslim No.1014 

Melihat dari hadits diatas kita tentu dapat simpulkan sendiri ya maksud dari hadits yang sangat jelas ini. Hadits ini menjelaskan bahwa bahayanya riba sampai-sampai Allah tak mengabulkan doanya ketika ia sedang dalam masalah di dunia. Artinya, jika di dunia saja Allah tak kabulkan doanya bagaimana jika di akhirat kelak nanti. 

oke dari 4 penjelasan singkat diatas silahkan teman-teman pikirkan sendiri dan intropeksi diri, apakah masih terlibat riba atau semacamnya. mudah-mudahan bermanfaat dan semoga kita terhindar dari dosa riba aamiin.





Raghib Sumahdi
petualang ilmu akhirat

Related Posts

Posting Komentar