bUS00HWDZt79zfQ1wwxxb0EHX4Qi1Vsw4iZheUJe

Umar bin Khattab - Kelebihan, Kecerdasan dan ijtihad Umar bin Khattab | Wajib Kamu Baca!

Umar bin Khattab


Kisah heroik Umar bin Khattab sudah banyak terangkum dalam buku, dan juga para ulama mengakui hal itu. Umar bin Khattab bisa dikatakan sebagai orang ketiga atau orang terbaik ketiga yaitu setelah Rasulullah saw. dan Abu Bakar Ash-Shiddiq. Keilmuan dan kecerdasan Umar bin Khattab tak diragukan lagi, bahkan sebelum masuk islam pada masa jahiliyah pun dia memiliki posisi terhormat dan ditakuti oleh masyarakat Quraisy. Kedudukan itu semakin tinggi ketika dia memustuskan untuk masuk kedalam islam.

Umar bin Khattab adalah pemimpin umat islam yang ketiga yaitu setelah Rasullullah saw. dan Abu Bakar r.a, beliau dijuluki sebagai Amirul Mukminin (Pemimpin orang-orang beriman) yang pada awalnya para sahabat ingin memberikan gelar yang sama dengan Abu Bakar r.a yaitu Khalifatur Rasulillah. Namun terjadi sedikit perbedaan pendapat, dan akhirnya yang disepakati adalah amirul mukminin 

Rasulullah saw. bercerita beliau bermimpi mengulurkan timba ke dalam sebuah sumur, kemudian Abu Bakar datang dan mengambil air dari sumur itu. Abu Bakar hanya mengambil satu atau dua timba dari sumur itu dan kelelahan. Maka, datanglah Umar yang mengambil air dari sumur itu. Umar mengambil air dari sumur itu dengan timba yang besar sebanyak sampai seluruh manusia datang meminumnya dan juga dapat memberikan minim kepada unta-unta mereka.

Dalam Ibnu Katsir ditafirkan bahwa mimpi Rasulullah saw. itu menunjukkan bahwa islam akan berkembang di zamannya Umar bin Khattab saat ia menjadi khalifah. Ini menjadi salah satu bahwasanya Umar memiliki kelebihan dan keutamaan yang luar biasa. Selain itu Umar memiliki beberapa kelebihan dan keutamaan lainnya yaitu:

Rasulullah saw. bersabda, “saat aku tidur, aku bermimpi diberikan satu mangkuk susu dan aku meminumnya. Lalu aku melihat bahwa masih ada sisa susu terseut dan keluar dari jari-jariku. Kemudian, sisa susu itu aku berikan kepada Umar bin Khattab..”

Sahabat yang mendengar tentang itu kemudian bertanya, “Apa maksud dari mimpi engkau itu, wahai Rasulullah?” Rasullah saw. Menjawab, “ilmu”. HR. Bukhari dan Muslim

Hadits ini ditafsirkan oleh Imam an-Nawawi bahwa Rasulullah mengartikan ilmu karena ada persamaan yang terdapat diantara ilmu dan susu, yaitu sama-sama memiliki manfaat. Susu bermanfaat bagi tubuh manusia begitu juga ilmu juga bermanfaat bagi seluruh manusia.

Abdullah bin Mas’ud menceritakan “kami menjadi lebih kuat dan lebih berani ketika Umar bin Khattab masuk Islam”. Dari sini kita mengetahui bahwasanya Umar membawa pengaruh yang besar terhadap Islam. Dan jika kita ingat ketika Umar masuk Islam ia langsung mengajak Rasulullah berdakwa secara terang-terangan. Ini menunjukkan bahwa Umar sangat memegang teguh kebenaran tidak peduli apa yang menghadang, ketika yang ia bawa benar maka semua yang menghalangi akan dihabisinya.

Keutamaan lainnya yang dimiliki oleh Umar adalah ketika Rasulullah bermimpi lagi tentang Umar bin Khattab r.a. Di dalam mimpinya Rasulullah diperlihatkan orang-orang masing-masing mengenakan pakaiannya. Ada yang berpakaian di dada atau pula yang berpakaian dibawah dada.

Lalu, Nabi melihat Umar mengenakan pakaian yang panjang sampai terseret-seret, Para sahabat bertanya kepada Nabi, apa maksud dari pakaian  itu?. Nabi menjawab,”agama”.

Mimpi ini menunjukkan bahwa Umar memiliki keutamaan dalam agama dan ilmu agamanya.

Ada lagi keutamaan Umar yang lain yaitu Umar termasuk orang yang mendapat Muhaddats. Rasulullah bersabda: “bahwa pada umat terdahulu ada beberapa muhaddats, dan kalau di umat beliau ini ada muhaddats. Maka orang itu adalah Umar”

Kalau kita telesik lebih dalam lagi tentu kita akan mengetahui ada tiga pendapat Umar yang sesuai dengan Al-qur’an dan ini sudah popular dikalangan para ulama. Yang pertama adalah ketika Umar berkata kepada Rasulullah bahwa ia menginginkan Maqam Nabi Ibrahim sebagai tempat sholat. Dan kemudian turunlah surah Al-Baqarah ayat 125 “dan jadikanlah sebagaian Maqam Ibrahim sebgai tempat sholat

Pendapat kedua, yaitu Umar menginginkan dan menyuruh istri Nabi untuk berhijab. Hal ini dikarenakan mereka hidup dilingkungan orang-orang baik dan orang-orang buruk. Kemudian ayat tentang hijab turun. untuk lebih lengkapnya baca juga 4 Alasan wanita harus berhijab

Pendapat Umar yang ketiga adalah ketika Rasulullah ada masalah dengan istri beliau. Umar beranjak dating menemui istri Nabi dan mengatakan berhentilah mengeluh kepada Nabi atau Allah akan menggantikan untuk Nabi wanita yang lebih baik lagi. Dan turunlah Qur’an surah Tahrim ayat 5. Rekomendasi untuk dibaca 5 Langkah menyelesaikan masalah dalam islam

Dan terakhir kisah yang mungkin sangat popular dikalangan kita yaitu ketika Abdullah bin Ubay bin Salul mati kemudian anaknya Abdullah meminta Rasulullah untuk mensholatinya dan Rasulullah mau melakukannya. Umar yang mendengar hal itu mengatakan kepada Rasulullah agar tidak mensholatinya karena dia orang munafik. Namun, Nabi tetap mensholatinya dan membacakan surah at-Taubah ayat 80. Kemudian setelah Nabi selesai sholat turunlah surah at-Taubah ayat 84 yang menentang perbuatan yang Nabi lakukan.

Dengan sekian banyak kisah diatas maka dapat kita yakini Umar bin Khattab memiliki kedudukan yang sangat mulia di sisi Allah. Selain keutamaan itu Umar juga memiliki beberapa ijtihad di masa kepemimpinanya sebagai Khalifah. Beberapa diantanya:

Umar adalah yang pertama kali membuat kalender Hijriah. Umar jugalah yang pertama kali menyatukan kaum muslimin untuk sholat tarawih berjamaah di masjid. Umar juga membuat hukum cambuk untuk orang yang meminum khamar yaitu 80 kali cambukan.

Selain itu Umar juga melarang nikah mut’ah dan beliau juga mengesahkan adanya talak tiga. Umar juga pertama kali menggunakan cemeti untuk menghukum orang dan juga pertama kali membentuk hakim dikota-kota.

Itulah segelintir kisah Umar baik dia sebelum masuk Islam ataupun sesudah masuk Islam. Kisah ini menunjukkan bahwa begitu tinggi drajatnya Umar di sisi Allah. Wallahu a’lam

 
 
 

Raghib Sumahdi
petualang ilmu akhirat

Related Posts

Posting Komentar