bUS00HWDZt79zfQ1wwxxb0EHX4Qi1Vsw4iZheUJe

7+ Cara Menghilangkan Rasa Malas

ilustrasi


Orang-orang sukses adalah orang yang terlepas dari rasa malas dan kemalasan serta penyebab kemalasan itu sendiri. kemalasan menciptakan kelemahan, termasuk menghilangkan produktivitas. mengatasi kemalasan perlu dilakukan sejak dini, karena jika rasa malas ada pada diri kita, maka kita tidak akan bisa mencapai apa yang kita inginkan dan tujukan.

Kemalasan adalah pribadi yang buruk dan dapat membunuh cita-cita yang sudah kita rencanakan dari awal. Rasa malas membuat kita menunda-nunda pekerjaan yang harus kita lakukan tepat waktu dan yang seharusnya dapat membuahkan hasil yang baik. Langkah-langkah yang telah kita susun menjadi hancur karena tu.

Apapun alasannya kemalasan harus kita atasi dan hilangkan dari diri kita. lalu apa yang harus kita lakukan untuk menghilangkan rasa malas? simak tips berikut ini mengenai bagaimana menghilangkan rasa malas dalam diri?

1. Priotitaskan cita-cita kita

Ketika kita menentukan apa yang paling penting dalam hidup kita, kita akan fokus pada pekerjaan yang membuat kita meraihnya yaitu apa yang penting bagi kita. Namun, jika kita tak memiliki pilihan dalam hidup, lantas apa gunanya hidup kita? bukankah kita yakin dengan Life is Choice?

Manusia diberikan anugerah berupa keinginan dan juga kebutuhan. Jadi, saat kita tak memiliki cita-cita, setidaknya ada sesuatu yang kita inginkan. sehingga dari sesuatu kebutuhan itu kita akan beranjak dari kemalasan untuk melakukan upaya.

Jika kita melakukan sesuatu yang penting bagi kita, maka semangat akan meningkat untuk mencapainya. So, tentukan apa yang penting bagi kita, dan kerjakan sesuai dengan  prioritasnya.

2. Kurangi waktu kosong yang tidak bermanfaat

Waktu kosong yang terlalu luas, akan membuat tubuh kita malas untuk bergerak. Oleh karena itu, waktu kosong harus dipersempit dan ditiadakan, sehingga tubuh kita tidak terbiasa dalam kemalasan yang mencederai masa depan. Kerjakanlah sesuatu yang membuat tubuh kita bergerak serta otak berpikir.

Sebagai contoh jika kita di rumah dan memiliki waktu kosong, cobalah cari aktivitas seperti  menanam tumbuhan, menata rumah, membersihkan rumah ataupun membuat suatu kerajnan. sehingga tubuh kita akan merespon kegiatan positif kita dan perlahan akan terbiasa dengan kegiatan-kegiatan positif lainnya.

3. Motivasi diri bahwa kemalasan menghasilkan kemiskinan

Jika kita masih ada waktu untuk bermalas-malasan , maka coba pikirkan apa konsekuensi dari kemalasan tersebut. Misal, kita menunda-nunda tugas kuliah, maka buruknya adalah tugas kita tidak akan selesai dengan baik.

Ketika kita malas untuk belajar, maka konsekuesnsinya adalah kita tidak akan mengusai pelajaran. Ingat konsekuensi dari malasnya kita dalam belajar akan berdampak panjang, misal kita tidak akan mudah dapat pekerjaan, sulit lulus kuliah karena tak memahami pelajarannya, dan akhir dari imbas ini adalah kemiskinan.

Baca juga :

1. 5 Tahapan Islam Dalam Menyelesaikan Masalah

2. Rahasia Wajah Awet Muda Ala Islam

3. 4 Alasan Kenapa Wanita Harus Berhijab Syar'i

4. Cepat ambil yang bermanfaat

kalau kita melihat manfaat dari yang seharusnya kita kerjakan, maka cepatlah  selesaikan. karena ketika kita menunda mengerjakannya konsekuensinya adalah manfaatnya juga akan tertunda. 

Rasa malas bisa timbul akibat membayangkan sulitnya pekerjaaan. Padahal sejatinya tidak ada pekerjaan yang tidak bisa kita selesaikan. Bukankah Allah hanya akan memberi cobaan atau ujian sesuai dengan kemampuan hambanya?

5. Mulai dari sekarang 

Menunda menghasilkan malas. Malas menghancurkan kehidupan kita. Mulailah dari sekarang, apa yang harus kita kerjakan. Jangan menunda-nunda, kalau memang bisa dikerjakan segera dilakukan. Jangan katakan, "lima menit lagi aku mulai"

Kata-kata seperti itu akan membius kita hari ini dan esok. ketika kita akan memuli pekerjaan diwaktu mendatang kata-kata itu akan kembali terucap dari diri kita, dan begitu terus dan berulang-ulang. Selai itu, kata-kata itu mengajak kita untuk abai dan menunda. Sehingga akhirnya kita akan jadi malas.

6. Bari diri sendiri hadiah

Memberi hadiah bagi diri sendiri penting untuk meningkatkan motivasi dalam menghilangkan kemalasan. Ketika kita telah berhasil mengalahkan rasa malas dan mulai bekerja, tetapkan pada diri bahwa kita akan membeli makanan setelah pekerjaan selesai kita lakukan.

sesederhana itu tapi dapat membangkitkan gairah kita untuk mengerjakan pekerjaan kita. pada akhir bulan, mungkin kita bisa merencanakan liburan kecil bersama keluarga. Tentu itu lebih menyenangkan daripada membiarkan diri hidup dalam kemalasan.

7. Berolahraga 

Energi dan semangat dapat dipompa melalui olahraga rutin. Olahraga melatih tubuuh kita dan otak kita untuk beraksi terhadap keadaan. olahraga mengajak otak dan tubuh kita untuk mengkuti alur kehiduppan dengan penuh berkeringat dan semangat.

kalau saat ini kita gak pernah olahraga, cobalah mulai biasakan untuk olahraga kecil terlebih dahulu, sebagai contoh lari kecil ketika pagi hari, ataupu senam kecil di pagi hari.

8. Istirahat yang cukup

Istirahat itu penting. Istirahat berlebihan itu menghancurkan semangat. Sebaiknya, istirahatlah yang cukup. Beri waktu kepada tubuh dan otak kita untuk mencharge semangat dalam diri kita.

cukup istirahat akan membangun semangat dan energi baru. Dengan demikian otak dan tubuh kita akan jadi lebih sehat. Tubuh kita lebih mudah digerakkandan otak kita lebih cepat untuk berpikir dan mengambil keputusan.


nah itulah beberapa tips yang bisa mimin share ke temen temen sekalian agar bisa mengatasi kemalasan. selamat mencoba!!!


Raghib Sumahdi
petualang ilmu akhirat

Related Posts

Posting Komentar

Follow