bUS00HWDZt79zfQ1wwxxb0EHX4Qi1Vsw4iZheUJe

5 Tahapan Islam Dalam Menyelesaikan Masalah




Dibalik semua masalah sesungguhnya kita juga harus berpikir positif, yaitu dengan meyakini bahwa dimana ada masalah pasti akan ada jalan keluar yang telah disediakan oleh Allah, Allah Swt. berfirman:

"maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemuliaan, sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan". QS. Al Insyirah: 6

Sebagai seorang muslim, kita diperintahkan oleh Allah untuk berusaha. Dengan akal yang kita miliki Allah pasti memudahkan apabila kita berusaha menyelesaikan masalah. Kita tidak perlu curhat sana sini bahkan hingga kita curhat di media sosial sehingga semua orang tau. cukuplah berpikir cara bagaimana kita menyelesaikan masalahnya dengan positif.

Nah berikut ini ada beberapa kita yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan masalah kita :

1. Mendefinisikan masalah

akal sehat dan penalaran adalah alat untuk menyelesaikan masalah. ketika masalah datang kita harus mendefinisikan terlebih dahulu, apa masalah tersebut, apa yang menyebabkannya, dan apa akibatnya.

Akar dari masalah tersebut harus kita ketahui, dengan demikian kita dapat mendefinisikan masalah seperti apakah ini yang sedang kita hadapi. setelah mendapatkan definisi secara jelas, kita bisa melihat efek yang timbul dari masalah tersebut. dari hasil pengamatan terhadap masalah kita bisa dapat mengambil kesimpulan untuk mengantisipasi agar akibat dari masalah itu tidak timbul dan menyebar.

2. Rumuskan Permasalahan

Banyak dari kita ketika bertemu dengan masalah atau menghadapi masalah langsung berpikir solusinya. padahal dalam banyak kasus tindakan seperti ini kurang tepat untuk dilakukan karena akan menghasilkan solusi yang tidak sesuai atau bahkan bisa mengambil solusi yang salah sehingga menyebabkan masalah semakin membesar. 

oleh karena itu, tindakan yang harus dilakukan adalah menjabarkan masalah atau bisa dikatakan merumuskan masalah. lakukan perumusan ini dengan objektif sehingga solusi yang dihadirkan tidak merugikan pihak pihak yang terlibat.

3. Identifikasi Solusinya

ketika masalah sudah kita rumuskan, maka langkah selanjutnya adalah mengkaji atau membahas sejauh mana masalah itu membutuhkan solusi. ketika itu pula, kita harus mengindentifikasi.

temukan beberapa solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. ketika sudah menemukan beberapa solusi pilih salah satu solusi yang kita anggap paling tepat. solusi dapat dikatakan tepat jika memenuhi syarat yaitu mudah dilaksanakan, efektif dan efisien dan tentunya tepat sasaran.

4. Eksekusi

Jika sudah dapat solusi untuk sebuah permasalahan maka hal selanjutnya adalah eksekusi. banyak dari kita yang ketika menghadapi masalah dan sudah menemukan solusinya sering sekali menunda untuk mengeksekusi solusi yang didapatkan tersebut. Sehingga hal ini dapat menyebabkan waktu yang terbuang, biaya yang teerkuras. Oleh karena itu langkah yang tepat adalah langsung eksekusi

5. Bertanggung Jawab

selanjutnya adalah kita mempertanggungjawabkan hasil dari keputusan kita. jika solusi yang ditawarkan berhasil maka kesuksesanlah yang didapat. Namun, apabila solusi yang ditawarkan gagal maka harus cepat dalam mengambil tindakan untuk alternatif solusinya.

     Dan mimin juga berpesan untuk tidak lupa berdoa kepada Allah supaya masalah cepat selesai dan untuk menambah keimanan kita juga kepada Pencipta kita. berikut beberapa doa yang patut kita lantunkan saat menyelesaikan masalah;

"Allahumma la sahla illa maa ja'altahu sahlaa, wa anta taj'alul hazna idza syi'ta sahlaa"

artinya : 

"ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali yang Engkau buat mudah, dan Engkau menjadikan kesulitan, jika Engkau kehendaki pasti akan jadi mudah"

"Robbana 'aatinaa milladunka rohmatan, wahayyi'lanaa min amrinaa rosyadaa" 

Artinya:

"Ya Tuhan kami berikanlah kepada kami rahmat dari sisi-Mu, dan sempurnakanlah bagi kami petunjuk yang lurus dalam urusan kami"

kenapa harus berdoa? 

sebagai seorang muslim penalaran adalah sebuah upaya yang harus dilakukan. Namun demikian, kita tidak bisa lepas tangan dari campur Tangan Allah Swt. oleh karena itu kita harus mengiringi usaha kita dengan doa. Jika demikian maka usaha kita akan lengkap.

 


Raghib Sumahdi
petualang ilmu akhirat

Related Posts

1 komentar

Abdul Somad mengatakan…
Buat Blog islami kayaknya manfaatnya dunia akhit, semoga nanti bisa mendaftarkan blog ke google adsense dan pasang iklan adsense di post blog nya.

Follow