bUS00HWDZt79zfQ1wwxxb0EHX4Qi1Vsw4iZheUJe

5 Cara Mudah Bangun Shubuh

 


Bagi seorang muslim bangun pagi merupakan sebuah keharusan yang harus bisa dilakukan agar dapat mengerjakan sholat shubuh, eh itu kan untuk yang sholat shubuh doang.... ya mau gimana pun seorang muslim harus sholat kan... untuk yang udah biasa bangun shubuh tulisan ini mungkin gak terlalu dibutuhkan, tapi bagi orang-orang yang sulit bangun shubuh dan ingin merubah kebiasaannya mungkin tulisan ini sangat berguna.

Sadar atau tidak sadar umat muslim saat ini sangat sedikit yang melaksanakan sholat shubuh berjamaah di masjid. penyebabnya bisa bermacam-macam mulai dari males buat sholat, atau baru baru hijrah, dan mungkin salah satunya juga karena mereka sulit bangun shubuh ya.

Penyebab sulitnya seseorang bangun shubuh mungkin sebagian besar disebabkan oleh faktor kebiasaan hidup seperti tidur larut malam, kurang minum air putih, terlalu memaksakan tubuh bekerja hingga kelelahan atau karena memang malas. Tapi penyebabnya bukan hanya itu melainkan ada hal lain seperti tidak baca doa dan lainnya.

Kebiasaan sulit bangun ini bisa dirubah dengan sedikit usaha dan istiqomah. Oke berikut kita bahas apa saja yang harus dilakukan seseorang agar terbiasa mudah bangun shubuh:

1.      Biasakan tidur diawal waktu malam

Salah satu penyebab sulit bangun adalah karena seseorang tidur terlalu larut malam sehingga tubuh merasa lelah karena dipaksakan untuk aktif dimalam hari yang sejatinya waktu malam itu adalah waktu istirahat untuk tubuh. Oleh karena itu untuk kalian yang masih suka tidur larut malam mulai sekarang tinggalkanlah kebiasaan ini, karena kebiasaan ini akan berdampak buruk bagi kesehatan dimasa akan dating.

2.      Berwudhu

Berwudhu selain dapat membersihkan anggota tubuh juga dapat membersihkan jiwa dan hati kita yang kotor. Selain itu secara tidak langsung ketika kita berwudhu sebelum tidur tubuh akan menjadi lebih rileks (pengalaman pribadi yang dirakan penulis). Ketika tubuh rileks maka otomatis akan lebih nyaman saat tidur dan menjadi lebih mudah untuk bangun.

3.      Sholat sunnah & baca Al-qur’an

Sholat dan baca Qur’an sebelum tidur dapat memberikan efek nyaman pada pikiran kita, berdasarkan salah satu jurnal yang pernah penulis baca menyebutkan orang-orang yang membaca dan mendengarkan Al-Qur’an menjadi lebih tenang dan rileks. Nah mulai sekarang coba biasakan untuk membaca Qur’an.

4.      Membaca doa sebelum tidur

Salah satu penyebab kita sulit bangun saat shubuh adalah syaitan yang menggoda kita untuk tetap tidur saat mendengar adzan. Oleh karena itu, untuk menghindari hal itu terjadi mintalah perlindungan kepada Allah dengan cara membaca doa sbelum tidur seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah.

5.      Tidur dengan posisi berbaring kearah kanan

Tidur dengan gaya sperti ini sudah dicontohkan oleh Rasulullah melalui kebiasaan tidurnya, ternyata berdasarkan ilmu kedokteran membuktikan posisi tidur dengan gaya sperti itu dapat memudahkan seseorang untuk bangun dari tidurnya. Gak percaya coba cari aja di jurnal hehe.

Jika sudah diterapkan Insya Allah bangun shubuh akan jadi lebih mudah. Eittsss tapi gak hanya sampai situ lo, semua pencapaian memerlukan proses dalam mencapainya. So kalau mau mudah bangun shubuh harus dibiasakan dari sekarang sesuai sunnah Rasul, untuk awal-awal mungkin akan sulit untuk bangun shubuh. Tapi insya Allah kalau dibiasakan akan mudah pada akhirnya.

Mudah-mudahan tips ini bermanfaat ya, sekian terima kasih

 

 

Raghib Sumahdi
petualang ilmu akhirat

Related Posts

2 komentar

Abdul Somad mengatakan…
Optimasi kecepatan blog nya lumayan, cuma saran saya untuk post bergambar sebaiknya optimasi gambar nya, gunakan JPEG Progresif. kemudian Kecilkan file size gambar nya biar loading nya lebih cepat. Atau bisa juga dengan Mengubah file gambar ke format jpeg 2000, jxr atau webp.
Raghib Sumahdi mengatakan…
Makasih sarannya gan