bUS00HWDZt79zfQ1wwxxb0EHX4Qi1Vsw4iZheUJe

4 Alasan Kenapa Wanita Harus Berhijab Syar'i

 


Seperti yang kita ketahui bersama wanita di dalam agama islam diwajibkan untuk menutup auratnya dengan sempurna, yaitu dengan menutup seluruh tubuhnya kecuali telapak tangan dan wajah saja yang boleh terlihat. Namun, masih banyak saja wanita yang enggan untuk memakai hijab syar’i dengan berbagai alasan, ada yang belum siap, ada yang mau hijabin hati dulu, ada pula yang berkata yang penting hatinya baik daripada berhijab tapi munafik. Astagfirullah..

Memakai hijab atau menutup aurat bukan hanya untuk orang yang sudah baik saja atau orang sholehah dan alim saja. Tapi memakai hijab adalah kewajiban yang tidak bisa ditoleransi kecuali dengan memakainya saja. Perintah menutup aurat bagi wanita secara sempurna adalah hukum yang wajib dilakukakan terlepas dia baik atau belum baik.

Oh ya masih banyak yang gak mau pakai hijab dengan berbagai alasan, kalau gitu gimana kalau kita bahas alasan wanita harus berhijab biar yang belum ada alasan jadi punya alasan bener enggak hahaha. Kalau gitu langsung aja kita bahas, lets go!

Bagi kalian yang belum mau berhijab syar’i atau belum berhijab sama sekali, ini aku ada beberapa alasan supaya kalian mau berhijab:

1.      Merupakan Kewajiban

Memakai hijab secara sempurna atau menutup auratnya adalah wajib hukumnya bagi wanita hal ini diperintahkan langsung dalam firman Allah subhanahu wa ta’ala :

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin. “Hendaklah mereka mengulurkan jilabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Al-Ahzab:59) 

Ayat diatas menggunakan kalimat amr (perintah) yang dalam ilmu fiqh dihukumi wajib. Kewajiban jika dijalankan akan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan akan mendapat dosa.  Selain itu para ulama sepakat memakai hijab syar’i  adalah wajib hukumnya bagi setiap wanita, karena apabila ditinggalkan akan menghadirkan dosa besar dan mudharat yang banyak.

2.      Agar Terhindar Dari Gangguan

QS. Al-Ahzab : 59 ini selain menunjukkan perintah untuk menggunakan hijab juga menunjukkan bahwa orang yang tidak menggunakan hijab secara syar’i lebih mudah digoda. Hal ini bukan tanpa sebab, karena wanita yang menjulurkan jilbabnya dianggap sebagai wanita yang baik dan benar-benar menjaga kehormatannya sehingga orang-orang enggan untuk menggodanya. akan tetapi lain halnya dengan wanita yang tidak mengenakan hijab, orang-orang akan mengira wanita ini bukanlah orang yang ingin menjaga kehormatannya dengan baik. Sehingga orang-orang yang memiliki jati yang sakit akan menggodanya dan menganggapnya rendah.

 

3.      Wanita yang Dirindukan Surga

Wanita-wanita yang menjaga harkat dan martabatnya akan mendapat ganjaran yaitu sebagai wanita yang dirindukan surga. Hal ini dijelaskan dalam hadist:

“jika seorang wanita selalu menjafa sholat lima waktu, jiga berpuasa sebulan (di bulan Ramadhan), menjaga kemaluannya (dari perbuatan zina), dan taat kepada suaminya, maka dikatakan pada wanita tersebut, “masuklah ke surge melalui pintu manapun yang engkau suka”. (HR. Ahmad, Shahih) 

Bahkan selain dirndukan surga, wanita juga bebas memilih untuk masuk ke surga dari pintu manapun yang mereka sukai. Jadi gak ada alasan untuk berhijab ya kawan.

 

4.      Wanita yang tidak berhijab tidak akan mencium bau surga

Di dalam hadist dijelaskan bahwa :

“ada dua golongan dari penduduk near yang belum pernah aku lihat yaitu suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan para wanita yang  berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Wanita seperti itu tidak akan masuk surge dan tidak akan mencium baunya, padahalbaunya dapat tercium dari jarak sekian dan sekian.” (HR. Muslim, No.2128)

Dari hadist ini jelas sekali bukan bahwa wanita-wanita yang tidak menutup auratnya dengan benar tidak akan akan masuk surga bahkan tidak juga mencium baunya surga. Oke mulai sekarang kalau kita mau masuk surga hendaknya tutuplah aurat kita dengan benar dan jalankan apa yang diperintahkan Allah ya kawan.

Sekian mudah-mudahan bermanfaat ya, semoga Allah kuatkan kita dalam hijrah aamiin

 

Raghib Sumahdi
petualang ilmu akhirat

Related Posts

Posting Komentar

Follow