bUS00HWDZt79zfQ1wwxxb0EHX4Qi1Vsw4iZheUJe

Susah Menghafal? Ini Dia 9 Tips Menghafal Al-Qur'an dengan Mudah





Sebenarnya, menghafal Al-qur’an dan mengamalkan isinya merupakan tujuan hidup kita, dan bisa dikatakan sebagai agenda terpenting dalam hidup. Apa itu Al-Qur’an ?

-          Zikir dari rabb yang Maha Bijaksana
-          Kalam Allah
-          Cahaya petunjuk
-          Obat penyakit hati
-          Petunjuk dan rahmat

Hanya saja, sangat disayangkan tanpa disadari kita perlahan telah meninggalkan Al-Qur’an. Bahkan kita hanya membacanya Ketika ada acara-acara seremonial atau di bulan Ramadhan saja. Allah berfirman :

“Berkatalah Rasul, “Ya Rabb, sesungguhnya kaumku menjadikan Al-Qur’an ini sesuatu yang ditinggalkan”. (Al-Furqan :30)

Padahal sejatinya Al-Qur’an adalah petunjuk dan sumber ilmu. Allah berfirman :

“Sesungguhnya, Al-Qur’an ini memberikan petunjuk kepada jalan yang lebih lurus” (Al-Isra: 9)

Sebelum jauh melangkah tentang tips menghafal Al-Qur’an dengan mudah. ada hal yang harus kita pertanyakan pada diri sendiri yaitu “Mengapa kita tidak menghafal Al-Qur’an?”

-          Menghafal Al-Qur’an adalah impian kita?
Banyak sekali orang yang tahu tentang balasan dari menghafal dan mengamalkan Al-Qur’an tetapi tidak menghafal, mereka berasalan dengan sibukknya pekerjaan, tidak ada waktu, mengatakan daya ingat lemah dan lainnya.

-          Iblis penyebab utama kita jauh dari Al-Qur’an
Kita sudah tahu bahwa iblis merupakan musuh yang nyata bagi umat manusia, iblis tidak akan rela membiarkan seorang manusia berbuat kebaikan apalagi menghafalkan Kalam Allah. Namun disisi lain jika kita lihat kehidupan saat ini iblis sukses menjauhkan umat manusia dari Al-Qur’an. Hal ini harus menjadi koreksi bagi kehidupan kita, apakah  kita dekat atau malah jauh dari kalam Allah.

-          Apakah Al-Qur,an menjadi prioritas dalam hidup kita?
Ini yang menjadi masalah,  banyak orang yang ditanya tentang keinginan menghafal Al-Qur’an tetapi dalam kehidupannya tidak memprioritaskan Al-Qur’an. 83% dari kehidupan manusia di isi dengan  masalah -masalah sekunder seperti menonton tv, bermain gadjet, dan lainnya, sedangkan 17% di isi dengan kegiatan lain dan termasuk membaca Al-Qur’an. Sehingga dapat ditarik kesimpulan masalahnya bukan terletak pada sibuknya atau sedikitnya waktu, tapi karena membaca dan menghafal Ak-Qur’an bukan prioritas utama dalam hidup kita.

Dari permasalahan diatas maka timbul pertanyaan bagaimana cara menghafal Al-Qur’an dengan mudah?.

Disini saya akan menjelaskan sedikit Langkah-langkah menghafal Al-Qur’an dengan mudah,  oke simak dibawah ini:
1.      Menanamkan Kerinduan, kecintaan, dan keinginan yang menyala-nyala untuk menghafal Al-Qur’an
Rindu untuk membaca dan menghafalkan Al-Qur,an, Rindu mengingat Rabb semesta Alam, Rindu menghafal ayat-ayat dari Rabb yang Mahabijaksana. Kita tidak akan merasa nikmat hidup kecuali setelah membaca ayat-ayat Allah. Tidak nyeyak tidur kecuali setelah mengulang hafalan pada hari itu. Ada rasa bahwa cita- cita kita adalah Al-Qur’an, teman kita Al-Qur’an.

Kita akan bertanya bagaimana cara memiliki rasa seperti itu ?
a)      Mengetahui kedudukan Al-Qur’an
Yaitu sebagai petunjuk, undang-undang hidup ini, obat, cahaya, dan masih banyak lagi. Jika kita mengetahui dan menghayati ini tentunya kita tidak akan ragu untuk dekat dengan Al-Qur’an.

b)      Merasakan Keagungan pahala menghafal Al-Qur’an
Bagi orang-orang yang mengetahui besarnya dan luar biasanya nikmat yang didapat Ketika menghafal Al-Qur’an pasti tidak akan ragu lagi untuk menghafalnya. Bagaimana mungkin seseorang yang akan dikasih balasan berupa surga yang tinggi, pahala yang banyak, mahkota kemuliaan, syafaat dari Al-Qur’an ,selamat dari neraka dan masih banyak lagi jika mau menghafalkan Al-Qur’an mampu menolak nikmat yang begitu luar biasa ini.

2.      Memupuk ikhlas, tawakal dan Doa
Sebelum menghafal ada baiknya kita merenungkan diri sejenak, “apa tujuan kita menghafal?, apa alasan kita menghafal?, apakah ingin mencari wajah Allah, atau mencari popularitas.

Karena sangat disayangkan apabila ditengah perjalan kita dalam menghafalkan Al-Qur’an,  kita lupa akan masalah niat ini. Pada awal mula menghafal kita memang sudah memantapkan niat bahwa kita menghafal Al-Qur’an adalah untuk mencari ridho Allah. Akan tetapi ditengah perjalanan, ada orang yang mendengar hafalan kita dan kita mendapat pujian seiring berjalannya waktu pujian itu merasuk dalam hati dan akan menjadi perusak amal dan hafalan kita. Oleh karena itu selain kita memantapkan niat dari hati kita juga sebaiknya berdoa kepada Allah agar dijauhkan dari niat yang salah ini.

3.      Jangan banyak berasalan
Yang jadi masalah bagi orang yang ingin menghafal Al-Qur’an adalah banyaknya alasan yang menjatuhkan rasa percaya diri, motivasi yang kurang. Misalnya orang beralasan “aku sedang sibuk, aku susah mengingat, aku cepat lupa, tunggu selesai kuliah dulu karena masih fokus kuliah, saya akan menghafal dibulan Ramadhan dan masih banyak lagi alasan-alasan lainnya.

jangan banyak beralasan karena
a.      Bagaimana kamu bisa tahu kamu susah mengingat jika kamu tidak mencobanya.
b.      Bagaimana kamu tahu dihari esok masih hidup padahal kamu bilang ingin menghafal setelah lulus kuliah
c.       Bagaimana bisa kamu mengatakan kamu sibuk padahal waktu seluruh manusia sama
d.      Apa kamu  yakin usiamu sampai di bulan Ramadhan.

Hafalkanlah selagi masih ada waktu dan sedikti niat, pupuklah niat yang sedikit itu menjadi tumbuh dan besar serta mengakar dalam hati sehingga tak ada alasan yang mampu untuk menggoyahkannya.

4.      Menguatkan keyakinan diri dan kata-kata positif
Banyak orang yang terhenti niatnya dalam menghafal Al-Qur’an karena rasa tidak percaya diri yang besar hadir dalam dirinya. Sehingga sering timbul pertanyaan dalam dirinya “apakah aku mampu menghafalkan 30 juz?, apa aku mampu menghafal dengan cepat?, apa aku mampu memurajaah hafalan yang banyak nantinya?.”

Dr. Shalih Ar-Rasyid, seseorang berkata pada drinya sendiri dalam sehari lebih dari 5000kata dan 77 % dari kata tersebut adalah  bisikan yang hadir dalam bentuk negatif. Hal inilah yang harus kita rubah dalam mempengaruhi diri untuk menghafal, gunakanlah kata-kata positif untuk memotivasi diri misalnya “ konsentrasiku kuat, daya ingatku insya Allah tajam, aku pasti bisa dan lain sebagainya”

5.      Menciptakan rasa rileks dan suasana belajar yang ideal
Yang menjadi kata kunci kali ini adalah “janganlah kamu menghafal kecuali dalam keadaan rileks”

Kamu harus membuat dirimu nyaman dan rileks sebelum menghafal, jangan terbebani oleh hal-hal lain, jangan menghafal dalam keadaan stress. Jika kamu jumpai demikian istirahatkanlah sejenak tidur sejenak sampai rileks. Setelah rileks baru mulai menghafal Kembali.

6.      Visualisasi
Maksud dari visualisai disini adalah bagaimana kita mengkonsep alam bawah  sadar kita. Misal membayangkan sesuatu ganjaran yang luar biasa yang akan didapatkan Ketika menghafalkan Al-Qur’an.hal ini bertujuan untuk menjaga semangat kita dalam menghafal Al-Qur’an sehingga tetap istiqomah.

7.      Optimalisasi Panca Indra
Pada umumnya seseorang akan mengingat 20% dari yang di baca, 30% dari yang didengar, 40% dari yang dilihat, 50% dari yang diucapkan, 60% dari yang dikerjakan, dan 90% dari yang dilihat, dengar, ucapkan dan kerjakan. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin banyak indra yang digunakan maka semakin kuat pula kita mengingatnya. Walaupun masing-masing dari kita punya cara dalam menggunakan panca indra untuk menghafal tapi alangkah lebih baiknya apabila kita dapat memaksimalkan semua panca indra itu.

8.      Murajaah 
Nah inilah yang menjadi masalah bagi para penghafal Al-Qur’an dan termasuk diri pribadi. Jika kita mengetahui bahwa kita akan melupakan 80% dari apa yang telah ia hafalkan dalam kurun waktu 1-24 jam. Oleh karena itu murajaah rutin adalah kunci utama disni.

9.      Menentukan tujuan dan Menyusun rencana
97% manusia tidak memiliki rencana tertulis untuk mewujudkan tujuan hidupnya. Nah ini penting karena berdasarkan penelitian terhadap 100 responden hanya 3% yang memiliki rencana tertulis dan setelah beberapa tahun berlalu 3% tadi telahmencapai tingkat kesuksesan dari rencana yang mereka tulis.

nah itulah tips dan trik yang harus kamu lakukan untuk menghafal Al-Qur’an dengan mudah. mudah-mudahan bermanfaat. jika kamu suka tulisan ini silahkan share dan komen ya. insya Allah kita bakal update tulisan lagi

Terima kasih




Raghib Sumahdi
petualang ilmu akhirat

Related Posts

8 komentar

Muhammad Kahpi mengatakan…
MasyaAllah
Aisyah Lian Sari mengatakan…
Kereen. Sebenernya kita manusia sama-sama Allah beri waktu 24 jam. Dan waktu selalu akan habis. Pertanyaannya adalah dengan apa kita menghabiskan waktu?

Terima kasih, ghib. Ini jadi tips yang sangat bermanfaat.
Kuskus Pintar mengatakan…
Aku banget itu, sering kali beralasan...inilah itulah. Hem sekarang harus segera berbenah, sisa umur di dunia siapa yang tau. Makasih infonya ghib
Dodo Nugraha mengatakan…
Tulisannya sangat bermanfaat. Ditunggu tulisan-tulisan selanjutnya...
Rein mengatakan…
Terimakasih untuk tipsnya. Sangat bermanfaat🍀🍀
Novia Handayani mengatakan…
MasyaAllah😍
Maya Sari Syama Yanti mengatakan…
Wah.. sangat bermanfaat tipsnya. Semoga bisa diterapkan
Tegar Gilang Widianto mengatakan…
Semoga kita dan keluarga-keluarga bisa menjadi para penghafal dan pengamal Al-Qur'an hingga akhir hayat

Follow